Motherboard



Pengertian Motherboard

Motherboard adalah wadah dari berbagai komponen elektronik yang saling terjalin untuk membuat perangkat PC bekerja. Pada motherboard terdapat chip BIOS atau program penggerak dan konektor yang digunakan untuk menghubungkan setiap perangkat. Motherboard memiliki fungsi utama sebagai pusat penghubung antar perangkat yang terpasang pada sebuah PC. Antara motherboard dan bagian-bagiannya dapat menghubungkan kode-kode yang akan difungsikan menjadi sebuah kinerja pada perangkat komputer. 



Bagian-bagian Motherboard

Motherboard memiliki beberapa bagian sebagai berikut:

1. Socket CPU

Ada dua tipe Socket CPU alias Processor Socket yang sering digunakan, yakni ZIF dan LIF. ZIF atau Zero Insertion Force merupakan socket model baru, sedangkan LIF atau Low Insertion Force merupakan socket model lama. Kemudian pada prosesor AMD terdapat istilah sendiri, yakni socket A.

2. BIOS (Basic Input-Output System)

BIOS adalah program dasar yang dipakai antara motherboard dan sistem operasi. Program ini terdapat pada ROM (Read Only Memory) yang berfungsi untuk mengatur suatu komponen yang terhubung pada motherboard agar dapat bekerja.

3. North Bridge Controller

Bagian ini berfungsi untuk menghubungkan antara slot RAM, slot AGP, dan socket CPU. Letaknya berdekatan dengan prosesor dan menjadikannya sebagai salah satu bagian penting dari sebuah motherboard.

4. South Bridge Controller

South Bridge Controller juga merupakan bagian penting dari motherboard. Fungsinya adalah sebagai pengatur kerja peripheral pada perangkat komputer, seperti ROM BIOS, USB, keyboard, IDE controller, mouse, modem, LAN, dan lainnya.

5. Konektor Power Supply Unit

Ini adalah sebuah pin yang memiliki fungsi untuk menyambungkan motherboard dengan power supply. Power supply terdiri dari dua jenis, yaitu AT dan ATX. Jenis AT terdiri dari dua kabel power supply yang dijadikan satu. Lalu untuk jenis ATX terdiri dari satu kabel power supply yang dipasang pada sebuah header dan sudah mulai digunakan untuk motherboard model terbaru.

6. Slot RAM

Sesuai namanya, bagian ini memiliki fungsi sebagai tempat meletakkan RAM. Saat ini untuk jenis motherboard baru sudah menggunakan tipe DDR3.

7. Slot PCI

PCI merupakan singkatan dari Peripheral Component Interconnect. Slot PCI adalah tempat untuk menyisipkan Add-on Card LAN, sound, hingga TV Tunner.

8. Slot AGP

Slot AGP (Accelerated Graphics Port) adalah tempat untuk memasukkan AGP Card yang berguna untuk menampilkan grafis pada layar komputer. Letaknya bersisian dengan slot PCI dan hampir terlihat sama, sehingga sulit untuk dibedakan.

9. Slot IDE dan SATA

IDE (Integrated Device Electronic) berguna untuk mendukung perangkat harddisk atau floppy disk. Sementara SATA (Serial Advance Technology Attachment) berfungsi sebagai penghubung serial ATA. Kalau motherboard tipe lama masih menggunakan salah satu slot saja, kini di model baru sudah menggunakan keduanya.

10. CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor)

CMOS merupakan baterai yang berfungsi untuk memberikan daya pada sebuah memori pada motherboard sebagai pengatur konfigurasi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Front Panel, Back Panel, dan Peripheralnya